by

Tips Agar Anak Tidak Menggigit Saat Menyusu

nuansabali.com – Karena gigitan dan gesekan gigi dapat menyebabkan cedera fisik pada bayi, penting bagi para ibu untuk menyadari bahaya ini sehingga mereka tahu cara terbaik untuk menangani situasi ini ketika anak-anak mereka masih cukup kecil untuk tidak mengerti apa yang mereka lakukan!

Anak-anak sering menggigit ketika mereka lapar atau ingin menyusu, itulah sebabnya penting bagi orang tua untuk memahami apa yang menyebabkan perilaku ini sejak awal. Menurut HealthyChildren.org, bayi tidak dapat memproduksi cukup ASI hingga berusia sekitar dua bulan. Ini berarti bahwa kebanyakan bayi akan menjadi lapar lebih cepat dari yang diperkirakan dan mulai menggigit ibu mereka untuk makan. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mendorong para ibu untuk memberi makan bayi mereka di pagi hari sehingga rasa lapar mereka tidak mengganggu mereka di sore atau malam hari. Dengan memahami apa yang menyebabkan menggigit sejak dini, orang tua dapat membantu anak-anak mereka menghindari situasi ini sama sekali.

Karena menggigit dapat menyebabkan bahaya serius pada bayinya, penting bagi ibu untuk mengajarkan pelajaran ini kepada anak-anak mereka ketika bayi masih menyusui gigi dan gusinya. Mereka dapat melakukan ini dengan menggosok lembut mulut bayi mereka dengan kain basah yang bersih sampai gigitannya sembuh secara alami atau dengan mengisap dot bersih sampai anak mereka mengunyahnya lagi dengan sendirinya. Ibu yang memberi susu botol harus mengharapkan beberapa gertakan gigi dari bayi mereka karena mereka tidak akan bisa makan ketika mereka pertama kali mulai berproduksi melalui menyusui. Namun, mereka tidak boleh membiarkan perilaku ini mengalihkan perhatian mereka karena gigitan dan penggilingan gigi dapat membahayakan anak mereka di masa depan.

Salah satu bahaya terbesar akibat menggigit saat menyusui adalah kerusakan pada mulut anak itu sendiri. Anak-anak sering menggigit payudara ibu dengan keras dan akibatnya pembuluh darah kapiler atau arteri di mulut mereka secara tidak sengaja pecah. Hal ini dapat menyebabkan kehilangan darah yang menyakitkan dan bahkan kematian jika tidak segera ditangani oleh profesional medis—terutama jika tidak ada yang memberi tahu pihak berwenang tentang insiden tersebut terlebih dahulu. Mengambil tindakan pencegahan saat mengajarkan pelajaran tentang menggigit ini akan mengurangi kemungkinan kerusakan yang disebabkan oleh perilaku itu sendiri:

1.) Perlahan beritahu bahwa menggigit menyebabkan bahaya pada mulut sebelum Bunda mengizinkan anak menggapai payudara

Menyusui adalah cara alami bagi seorang ibu untuk memberi makan bayinya. Ini adalah pengalaman yang menenangkan bagi bayi dan seringkali menjadi sumber kenyamanan bagi ibu juga. Meskipun kelihatannya mudah, ada beberapa bahaya yang menyertai menyusui. Salah satu bahaya ini adalah menggigit, yang dapat menyebabkan kerusakan fisik dan emosional pada anak dan ibu. Untuk membantu anak-anak menghindari gigitan saat menyusui, penting bagi orang tua untuk memahami cara menangani situasi ini dengan benar.

2.) Perlahan Jelaskan bagaimana rasa haus mempengaruhi mereka, akan membantu mereka memahami apa yang menyebabkan kebiasaan ini;

3.) Perlahan ajari anak bunda tentang bagaimana jika rasa lapar agar perlahan- lahan saat meminta asi

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.