by

Kenaikan Harga Pertamax apakah Dampak Harga Barang ikut Naik ?

Jakarta, Kenaikan harga Pertamax yang di wacanakan beberapa waktu lalu kini Sudah resmi berlaku hari ini tepatnya mulai 1 April 2022. Pertamina sudah resmi menaikan harga BBM atau bahan bakar minyak jenis pertamax yang sebelumnya di harga Rp. 9.000 per Liter kini menjadi Rp. 12.500 per liter.

Dalam penjelasan Pihak pertamina ini dilakukan untuk menyesuaikan harga BBM RON 92 karena Pertamina selalu mementingkan kebutuhan masyarakat dan tentunya dari daya beli yang sesuai dengan kemampuan masyarakat. Harga ini sudah sangat bersaing di bandingkan dengan harga Bahan bakar minyak sejenis di spbu lainnya. Dan tentu ini dilakukan sudah kurun waktu yang cukup lama yaitu sejak Tahun 2019 atau sejak kurun waktu 3 Tahun lamanya. Dijelaskan oleh Bapak Irto ginting pada kamis kemarin. Dan juga ini merupakan keputusan menteri ESDM nomor 62 K/12/MEM/2020 yaitu membahas Formula Harga Dasar untuk menghitung besarnya harga penjualan secara ecer BBM berjenis bensin dan Solar yang dilakukan pengisian oleh stasiun Bahan Bakar Umum.

Meskipun begitu menurut Kepala Biro Komunikasi menjelaskan bahwa harga BBM seharusnya bisa jadi Rp 16.000 per Liter. Akan tetapi melihat situsi dan daya beli di masyarakat akhirnya di tetapkan dengan harga Rp. 12.500. Di harapkan masyarakat menggunakan BBM Non subsidi dengan baik dan lebih hemat dalam melakukan aktifitas sehari-hari terutama dalam berpergian dengan kendaraan pribadi. Agar kehidupan ekonomi lebih efisien dan bermanfaat. Mengurangi kegiatan yang tidak perlu saat menggunakan kendaraan pribadi.
Kenaikan Harga ini sudah pasti akan berpengaruh di harga-harga barang lainnya karena dampaknya sudah jelas, biaya transfortasi barang sudah pasti meningkat, di pasaran harga barang kebutuhan sudah pasti ikut naik. Harapan kita semoga semua harga naik secara stabil dan seimbang antara pendapatan dan pengerluaran. Jangan sampai kenaikan harga di pasaran tidak dibarengi dengan kenaikan upah misalnya.

Apakah UMR akan ada kenaikan ?

Dengan adanya kenaikan BBM Pertamax ini semoga para pengusaha selalu bisa memberikan upah yang terbaik bagi para karyawannya dan memberikan Gaji sesuai dengan Ekonomi saat ini, karena semua berpatokan kepada BBM sebagai bahan bakar utama untuk tranfortasi kendaraan pengangkutan barang di pasar. Baik untuk bahan pokok pangan maupun kebutuhan bahan produksi para pengusaha atau pengerajin. Jika di telaah lebih dalam sebenarnya semua akan kena dampak jika ada kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak. Meskipun begitu pemerintah sudah melakukan hal terbaik untuk menjaga ekonomi tetap stabil sesuai dengan kenaikan Minyak Mentah. Seperti yang sudah di ungkapkan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.