by

Perlukah Anak medical check up rutin ke dokter?

Anak akan tumbuh kembang dengan baik bila kesehatannya tetap terjaga dengan di imbangi dengan pola makan yang sehat, bergizi dan juga tetap rutin melakukan olah raga, dan tetap rutin melakukan medical check-up atau cek kesehatan di dokter atau Klinik Kesehatan. Mengapa demikian? Ya karena untuk menjaga kesehatan anak harus  tetap melakukan cek ksehatan, bukan hanya saat sedang sakit melakukan pemeriksaan ke dokter atau bidan, tetapi juga tetap melakukan kegiatan secara rutin pemeriksaan ke dokter. Misalnya saja saat sedang ke dokter gigi, saat selesai pengobatan dokter gigi selalu menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Sama juga untuk check up rutin kesehatan anak secra menyeluruh perlu dilakukan dan di atur jadwal bisa di konsultasikan dengan dokter terdekat.

“Anak saya aktif dan ceria, kok, buat apa diperiksa ke lab?” ucap salah seorang ibu saat ditanya apakah anaknya sudah pernah mendapatkan atau melakukan medical check-up

medical check-up

Tahukah Anda? Kelainan atau penyakit pada anak sering kali tidak menunjukkan gejala. Karena jika dibiarkan, maka bisa saja bisa berpengaruh buruk pada pertumbuhan maupun perkembangan anak. Selain itu, pemeriksaan kesehatan pada anak bisa mendeteksi kelainan atau penyakit lebih awal, sehingga dapat segera diatasi dengan tepat. Manfaat terpenting, tumbuh kembang anak bisa optimal.

Pemeriksaan kesehatan anak memang tidak sepopuler pemeriksaan serupa pada orang dewasa. Tapi, satu hal yang harus Anda ingat, pemeriksaan kesehatan anak ini adalah “modal” agar anak menjadi orang dewasa yang sehat. Oleh karena itu, pemeriksaan kesehatan pada anak sebaiknya dilakukan rutin, termasuk saat sehat. Kapan memulai pemeriksaan kesehatan pada anak? Tentu saja, sejak anak baru lahir hingga berusia remaja (18 tahun).

Baca Juga :  Khasiat Dari Getah Tanaman Patah Tulang Untuk Mengobati

Dalam pemeriksaan medical check-up kesehatan pada anak akan dilakukan anamnesis (tanya – jawab soal riwayat kesehatan), pemeriksaan fisik oleh dokter, dan pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan laboratorium mencakup pemeriksaan darah serta urine dan feses (tinja). Hal ini perlu dilakukan untuk mendeteksi keberadaan penyakit yang rentan terjadi pada anak dan sering kali tidak bergejala.

Laboratorium klinik seperti misalnya Prodia telah menyediakan pemeriksaan kesehatan untuk anak. Panel Check Up Anak, masih banyak Klinik Lab yang bisa melayani cari yang terdekat dengan rumah lokasi anda tinggal, Klinik Lab adalah pemeriksaan laboratorium yang dirancang untuk mendeteksi penyakit, menentukan risiko penyakit pada anak berdasarkan usia (bayi baru lahir hingga usia remaja) dan prevalensi penyakit terbesar di Indonesia. Sebut saja hipotiroid kongenital, defisiensi G6PD, anemia defisiensi besi, infeksi saluran kemih, kekurangan nutrisi, gangguan pencernaan, obesitas, diabetes, dan hipertensi.

Tunggu apa lagi? Segera lakukan Panel Check Up Anak di laboratorium klinik terdekat Manfaatnya bersifat jangka panjang dan menyeluruh sebab dapat membantu orangtua, khususnya ibu, agar tumbuh kembang anak optimal. Selain itu, Panel Check Up Anak dapat membuat anak paham pentingnya menjaga kesehatan atau medical check-up

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Anak ? Tinggalkan pesan kami akan menerusakan komentar anda ke Dokter di Komunitas kesehatan yang akan memberikan banyak solusi dan Tips untuk tetap selalu sehat dengan banyak rutinitas yang sehat terutama hindari stress berlebihan dan bekerja dengan senang hati agar kesehatan mental dan pikiran tetap terjaga karena pikiran stress membuat tubuh banyak mengeluakan toxin secara berlebihan pada tubuh dan mengundang banyak penyakit lain maka banyak bersyukur dalam kehidupan dan iklas melakukan pekerjaan akan membuat pikiran lebih tenang dan kesehatan tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga :  Wajib Tahu inilah yang di sukai wanita usai bercinta

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.