by

Inilah 7 manfaat buah naga yang jarang di ketahui, nomor 7 sangat penting

Manfaat Buah Naga – Buah naga banyak kita jumpai di pasar buah, baik di pinggir jalan di pedagang kaki lima maupun di kios buah, Untuk mendapatkan Manfaat buah naga karena untuk mencari buah naga sangatlah mudah dan hampir tersedia di sepanjang musim buah. Mungkin karena sudah banyak petani buah naga yang dengan sukses berkebun menanam pohon buah naga di berbagai media. Pernah saya lihat di sebuah channel youtube ada seorang petani menanam pohon buah naga di media tanam dengan pot yang boleh di bilang tidak terlalu besar, menurut penuturan petani tersebut pohon buah naga bisa panen sepanjang tahun dengan perawatan khusus yang telah berhasil dengan cara yang di lakukan petani tersebut dan bisa menikmati manfaatbuah naga dan merasakan khasiat buah naga.

Dengan demikian untuk mencari kesediaan buah naga di pasaran relative mudah dan harga cenderung stabil bahkan bisa terjadi kejolak harga yang relative rendah bahkan bisa sangat murah terutama saat musim panen besar dari para petani buah naga di luar daerah. Seperti pernah tersebar sebuah video yang membuang hasil panen karena harga yang kurang sesuai dengan biaya dan perawatan dari para petani. Hal ini memang kerap terjadi saat di pasaran terjadi penumpukan hasil panen yang kurang seimbang antara penyerapan dari pembeli.

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Apa saja yang terkandung dalam buah naga sehingga memiliki manfaat buah naga yang berguna bagi kesehatan tubuh dan menjaga agar tubuh tetap fit dengan keseimbangan antara kebutuhan nutrisi dari buah-buahan. Dirangkum dari U.S. Department of Agriculture , Ternyata buah yang berkulit tebal dengan daging merah maupun putih ini memiliki begitu buanyak nutrisi antara lain 136 Kalori, 3 gr protein, 29 gr karbohidrat, 7 gr serat,  vitamin C, Kalsium 31 mg Iron atau zat besi, dan Magnesium.

Baca Juga :  Penting 10 Makanan pemicu kanker perlu di hindari

Karena begitu buanyak kandungan nutrisi dalam buah naga dengan sangat rendah akan kalori dan terkandung buanyak vitamin mineral dan tentu serat yang sangat di butuhkan oleh tubuh kita, untuk mendapatkan Manfaat buah naga bisa di konsumsi dengan menjadikan minuman segar yang di olah menjadi jus buah atau bisa di makan langsung daging buahnya, Manfaat buah naga bisa memperbaiki system pencernaan dan mengurangi resiko penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

Sebenarnya manfaat buah naga sangat banyak namun kali ini saya akan merangkum dalam 7 manfaat penting dari buah dengan kulit tebal berwarna merah ini.

Mengurangi risiko terkena penyakit

Buah naga memiliki kandungan antiokasidan yang bisa sangat baik mencegah penyakit akibat radikal bebas dan memperbaik sel sel tubuh yang rusak. Dan menurut data dari sebuah peneltian di British Journal of Pharmacology  bahwa buah naga mempunyai khasiat yang dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti radang sendi, jantung, diabetes dan juga kanker.

Meningkatkan imun tubuh

Buah naga buanyak mengandung vitamin C yang berguna untuk kekebalan tubuh dan membantu mengurangi batuk, pilek akibat menurunnya system kekebalan tubuh. Manfaat buah naga lainnya juga bisa untuk menyembuhkan luka dengan lebih cepat karena khasiat dari vitamin c yang terdapat dalam daging buah naga.

Melancarkan pencernaan

Di rangkum dari data penelitian jurnal Food Chemistry  di temukan bahwa buah naga bisa melancarkan pencernaan dan mencegah penyakit pencernaan karena buah naga mengandung prebiotic yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Bagi kamu yang belum tahu prebiotic adalah sebuah serat khusus yang mampu menjaga pertumbuhan antara bakteri baik di lambung. Alangkah baiknya kita bisa mengkonsumsi degan teratur buah naga setelah tahu manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh terutama untuk usus kita.

Baca Juga :  Penderita Asam lambung langsung Sembuh dengan Buah ini.
Mengandung asam lemak yang menyehatkan

Buah naga mengandung banyak asam lemak yang dapat menyehatkan tubuh, asam lemak buah naga terdapat pada bijinya. Di lansir dari World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences bahwa buah nga buanyak mengandung asam lemak omega 9, omega 3 juga minyak alami yang sangat baik di perlukan oleh tubuh kita. Karena omega 3 sangat baik untuk kesehtan jantung antara lainnya mencegah detak jantung yang tidak beraturan, dapat mengurangi jumlah plak di dinding pembuluh darah, bisa menurunkan terjadinya pembekuan darah, mengurangi lemak darah, tentu bisa meningkatkan lemak baik atau disebut dengan HDL yaitu kolesterol baik dan juga dapat mengurangi terjadinya peradangan di pembuluh darah.

Membantu mencegah kanker

Dilansir dari sebuah penelitian dari Leonie de Munter  di American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2015 silam bahwa kandungan vitamin c yang cukup tinggi dalam buah naga bisa mencegah kanker dan mengurangi resiko terkena kanker, daging buah naga memiliki asupan vitamin c yang tinggi sehingga bermanfaat bagi tubuh untuk mengurangi resiko terkenan penyakit ini. Manfaat buah naga terkenal di seluruh dunia karena ini.

manfaat buah naga meningkatkan kadar zat besi

Manfaat buah naga lainnya adalah meningkatkan zat besi dalam tubuh, karena zat besi sangat penting untuk mengalirkan supley oksigen ke seluruh tubuh. Jadi dengan rutin mengkonsumsi buah naga kebutuhan akan zat besi bisa terpenuhi. Karena di lansir dari sebuah penelitian Cold Spring Harbor Perspectives in Medicine  bahwa terdapat 30 persen penduduk dunia mengalami  kekurangan zat besi dalam tubuh mereka.

Mengandung banyak vitamin

Seperti yang sudah kita bahas bahwa buah naga mempunyai segudang manfaat bagi tubuh, selain itu buah naga banyak mengandung vitamin C selain itu juga buanyak mengandung kelompok vitamin B seperti B1 B2 B 3 yang tentu sangat memiliki khasiat yang sangat penting bagi tubuh kita. Vitamin B bisa membantu meningkatkan metabolisme meningkatkan produksi energy dalam tubuh, dan menstabilakan nafsu makan yang turun akibat kurangnya vitamin B dalam tubuh. Selain itu ternyata vitamin B juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi atau hypertensi. Dengan rutin mengkonsumsi buah naga kebutuhan nutrisi yang kurang dalam tubuh dapat terpenuhi dengan baik.

Baca Juga :  Ternyata ada 5 Jenis Orgasme pada Wanita, Apa saja?

Semoga ulasan tentang manfaat buah naga bisa memberikan manfaat yang baik bagi kita semua dan mulai menjaga tubuh dengan mengkonsumsi buah-buahan segar salah satunya buah naga yang dengan segudang manfaat buah naga yang bisa memberikan hal yang bermanfaat bagi kesehatan Tubuh kita. Dari banyaknya makanan yang berlemak yang kita konsumsi sehari-hari diharapkan dapat di seimbangan dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayur dengan seimbang. manfaat buah nagamerah bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kita untuk di konsumsi sehari-hari karena buah naga relative mudah untuk di temui di pasar buah, kios maupun took-toko penyedia buah segar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.