by

Inilah Top 4 Bank Yang mengantongi Laba Besar

Jakarta, nuansabali.com – Pada Tahun 2022 ini Beberapa Bank yang ada di Indonesia telah melakukan pelaporan Kinerja mereka selama semester 1 di Tahun ini. Dari Laporan yang di terima memang tidak semua Bank mendapat keuntungan atau mengantongi Laba Besar bahkan ada yang terdapat Laporan merugi.

Namun demikian ada sejumlah Bank Besar yang sudah sering kita dengan di Indonesia mencapai Hasil yang cemerlang pada Tahun 2022 di semester 1 ini. Bahkan ada yang mencatat Laporan mendapakt Kenaikan Laba bersih Hingga 2 digit, sungguh Pantastis!

Bank besar isi sudah adalah Bank Mandiri, BRI, BNI dan BCA. Kami sudah merangkum dari berbagai sumber mengenai kinerja dari 4 Bank Besar ini. Berikut simak ulasannya :

1. PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI (persero) tbk
BRI (persero) tbk melaporkan kinerja yang sangat baik yaitu mendapat laba bersih sebesar Rp. 24,88 triliun PT Bank Rakyat Indonesia mendapat kenaikan Laba bersih mencapai 98,38 persen pada laporan semester 1 pada Tahun 2022.

Dari Sejumlah Bank yang telah melaporkan hasil kinerjanya selama semester 1 tahun ini BRI menjadi yang terbesar berhasil meraih Laba bersih di bandingkan dengan bank lainnya di Indonesia.

Menurut Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Bapak Sunarso, Hasil pencapaian yang telah di peroleh dari kinerja BRI ini adalah karena sudah dengan baik mampu mengikuti berbagai kebijakan penting dari Pemerintah Pusat serta bisa mengikuti berbagai tantangan di bidang ekonomi global maupun bidang perekonomian domestik yang tengah terjadi gejolak di masyarakat.

Kebijakan yang berhasil di respon antara lain adalah di bidang aspek likuiditas yang menyangkut pertumbuhan ekonomi dana murah dan focus pada tetap menjaga kualitas system perkreditan yang BRI restrukurisasi di akibatkan oleh pandemic yang tengah melanda pada 2 tahun belakangan ini.

“Di tengah kondisi perekonomian yang masih penuh dengan tantangan dalam 6 bulan pertama di tahun 2022, BRI Grup berhasil mencatatkan laba bersih senilai Rp 24,88 triliun,” ujarnya saat konferensi pers virtual, Rabu (27/7/2022).

Maka itulah BRI mampu mencapai Laba bersih yang sangat besar yang berhasil mencapai posisi teratas dari 4 Bank yang kami rangkum ini.

2. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk 

Pada  semester 1 Tahun 2022 ini PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sukses membukukan kinerja dengan melaporkan mendapat laba bersih sebesar Rp. 20,2 triliun di bandingkan semester 1 tahun 2021 pencapaian ini sukses tumbuh sebesar 61,7 persen.

Menurut Direktur Utama Bank Mandiri bapak Darmawan Junaidi, mengatakan, bahwa pencapaian ini berhasil karena didukung oleh kinerja profitabilitas yang sangat bagus dan baik di bandingkan Tahun semerter lalu.

Pencapaian ini terlihat pada bunga bersih atau net interest margin/NIM yang secara konsolidasi tengah mencapai angka 5,37 persen pada kuarta II tahun 2022 dan tumbuh pada angka 32 basis (bps) di bandingkan dengan laporan pada kuartal II tahun 2021.

Selain itu, tingkat pengembalian ekuitas (return on equity/ROE) Bank Mandiri secara konsolidasi tercatat sebesar 23,03 persen pada periode yang sama, meningkat 791 bps secara tahunan.

Peningkatan pengembalian ekuilitas pada Bank Mandiri secara konolidasi mencatat angka sebesar 23,03 persen pada laporan periode yang sama peningkatan mencapai 791 bps pada system tahunan

“Berkat profitabilitas yang membaik, PT Bank Mandiri sudah berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 20,2 triliun, dan tumbuh 61,7 persen secara yoy,” ujar Bapak Darmawan

Petumbuhan ini merupakan pencapian yang baik bagi Bank mandiri sehingga berhasil pada posisi ke dua dari bank yang  telah melaporkan kinerja  pada semerter I tahun 2022

3. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) 

Pada laporan semester I tahun 2022 BCA tbk telah berhasil membukukan kenaikan laba bersih mencapai sebesar 24,9 persen, dengan laba bersih sebesar Rp. 18 triliun

Hasil dari pencapaian dari BCA adalah berasal dari pendapatan operasional BCA tbk yang sudah berhasil tumbuh 6,3 persen secara tahunan menjadi Rp. 40,9 triliun pada laporan semester 1 Tahun 2022
Dan kenaikan lainnya dari Laba BCA berasal juga dari bunga bersih yang di dapat sebesar 5,3 persen secara tahunan menjadi sebesar Rp. 29,9 triliun jumlahnya.

Selain pendapatan di atas di topang juga dari pendapatan fee serta komisi sebesar 15 persen dari 8,9 persen menjadi Angka sebesar Rp. 11,1 triliun

4. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI)

Pada semester I 2022 PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp. 8,8 triliun

Di bandingkan dari ketiga bank yang telah kita rangkum diatas BNI mendapat laba yang kecil, akan tetapi jumlah pertumbuhan Laba bersih BNI secara tahunan yakni tumbuh 75,1 persen angka ini lebih besar dari Bank Mandiri dan BCA

Menurut Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menyampaikan bahwa BNI didukung kuat oleh system ekonomi yang mengalami pemulihan dan membuat geliat usaha serta konsumsi masyarkat yang membaik sehingga mampu mendorong kinerja BNI menjadi lebih baik juga berfungsi sebagai intermediator di masyakat.

“Laba bersih pun tercapai karena fungsi intermediasi yang terus menguat,” ujarnya saat public expose Semester I 2022, Jumat (29/7/2022).

Semoga BNI bisa terus menjadi bagian dari masyarakat ekonomi dan membantu pengembangan usaha masyarakat serta bisa saling menguntungkan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.