by

Lebih Bahaya dari Perokok inilah Akibat Sering minum Air Es

nuansabali.com – Kesehatan, Ternyata ada banyak resiko yang di akibatkan jika kalian terlalu sering meminum Air Es,

Simak 10 resiko yang di akibatkan jika suka mengkonsumsi Air Es.

1. Menjadikan Makanan Beku

Dalam keseharian biasanya kita tidak bisa terlepas dari makan makanan yang di olah dengan cara di goreng dengan minyak, hal ini menyebabkan bekunya minyak pada makanan yang kita konsumsi.

Bisa di bayangkan jika lemak atau minyak yang telah beku lalu menumpuk di saluran pencernaan dan menimbulkan banyak masalah kesehatan. Ibarat Pipa saluran air yang tersumbat oleh sampah yang menempel pada dinding pipa sehingga mengakibatkan saluran air tidak lancer, begitupula yang terjadi di saluran pencernaan  kita, hal ini sudah pasti akan sangat mengganggu proses metabolisbe dalam tubuh, dan penyerapan makanan menjadi terganggu.

2. Memicu terbentuknya batu ginjal

Sering kali saat makan di warung rumah makan atau resto, rasanya tidak lengkap jika minum Air Es. Yang lebih sering adalah Es Teh Manis. Minum ini biasanya menjadi pelengkap saat menikmati seporsi makanan yang di sediakan di sejumlah warung makan. Tapi Tahukah kalian Teh mengandung zat yang bernama oxalate yang bisa memicu pembentukan batu ginjal, maka dari itu sangat tidak di anjurkan bagi kalian yang mempunyai resiko atau mempunyai keluhan pada buang air kecil. Untuk tidak mengkonsumsi Es Teh Manis. Karena Zat oxalate ini adalah merupakan pemicu utama timbul terbentuknya batu ginjal, oleh sebab itu di sarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi rebusan air lemon, air putih hangat atau bisa di tambah irisan lemon.

Karena lemon mengandung zat seperti sitrat yang cukup tinggi yang bisa mencegah terbentuknya batu ginjal, oleh sebab itu disarankan sering mengkonsumsi lemon yang bisa di jadikan jus agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari Bahasa batu ginjal.

3. Memicu Terjadi pusing

Organ dalam tubuh kita bisa terganggu saat system metabolisme dalam tubuh tidak normal yang di akibatkan perubahan suhu tubuh secara mendadak oleh kamu yang suka mengkonsumsi air es. Karena tubuh tidak bisa secara langsung beradaptasi dengan perubahan suhu. Dampaknya kepala menjadi pusing karena oksigen tidak ter supply dengan baik ke otak. Itulah mengapa usahkan lebih sering meminum air hangat ketimbang air Es.

4. Dampak Perut membuncit

Kalian senang jika punya perut buncit? Hehe.. dari segi penampilan memang relative ada yang suka juga karena sudah terlanjur dan sudah mengembalikan ke semula. He. Mempunyai perut buncit menyebabkan kamu susah bergerak dan mengganggu aktifitas.

Tahukah kalian di perut kita terdapat lapisan lemak berupa bantalan yang berfungsi membantu menghangatkan tidak lain juga sebagai menghangatkan makanan atau minuman dingin yang masuk ke perut.  Itulah sebabnya semakin sering kamu mengkonsumsi makanan atau minuman dingin dinding lemak dalam perut akan semakin bertambah, ini lah salah satu penyebab perut orang terlihat buncit.

Ditambah kurangnya aktifitas fisik dan jarang olah raga akan semakin membuat bantalan lemak dalam perut semakin meningkat dan perut akan bertambah buncit.

5. Perut Kembung atau Begah

Saat kalian meminum air Es dan akan mengakibatkan bereaksinya Enzim di dalam lambung, karena suhu dingin mengakibatkan cepatnya terjadinya reaksi dari enzim. Saat itu terjadi otot perut akan kram dan perut menjadi kembung karena munculnya banyak gas dalam perut.

6. Selalu Merasa Haus

Pernahkah kalian merasa haus setelah minum air Es? Karena itu salah satu dampak pada tubuh yang di akibatkan cepatnya keluar cairan dalam tubuh akibat suhu dingin dari air Es. Sangat di sarankan untuk selalu meminum air putih suhu ruangan atau air putih hangat. Karena air hangat sangat cepat di serap oleh tubuh tanpa banyak cairan yang terbuang.

Jadi cukupkanlah meminum air putih dalam sehari, maka sering di anjurkan terutama saat orang selesai olah raga fisik  selalu di anjurkan untuk meminum air putih bukan air es agar tepenuhinya kebutuhan cairan dalam tubuh kita.

7. Memperlambat detak jantung

Perlu kalian ketahui ada namanya saraf vagus yang berfungsi sebagai berberan sebagai menjaga kinerja detak jantung agar stabil saat dalam kegiatan tidak sadar tubuh. Maka dari itu sangat hindari meminum air Es. Karena rangsangan dalam saraf vagus saat kalian meminum air es bisa mengganggu kinerja jantung.

8. Mengakibatkan pembekuan di otak

Aliran darah akan lebih meningkat menuju otak dan secara tiba-tiba kamu akan merasa pusing yang hilang secara perlahan inilah terjadinya proses pembekuan otak, maka dari itu orang yang mempunyai keluhan sakit kepala sebelah atau migrain sangat mudah mengalami pembekuan otak, sangat di sarankan untuk selalu meminum air putih suhu ruangan agar suhu otak tetap hangat dengan stabil karena organ-organ dalam otak sangat sensitive.

Sayangilah Tubuh dengan selalu meminum air putih suhu ruangan atau air putih hangat sehabis makan jangan terbiasa meminum air Es yang akan merusak kesehatan Tubuh. Sayangilah Tubuh anda dan jaga kesehatan dengan tidak meminum air Es

9. Nutrisi dalam tubuh berkurang

Saat kamu selesai makan dan minum air Es Ternyata tubuh akan bekerja sangat keras untuk mengembalikan ke dalam suhu normal tubuh, padahal seharusnya tubuh lebih focus untuk mencerna makanan yang sudah masuk kedalam tubuh, karena banyak energy yang di pakai tubuh untuk mengembalikan dan mengatur suhu tubuh dan akibatnya Nutrisi yang terkandung dalam makanan menjadi tidak diserap dengan baik, makanan yang kalian konsumsi akan percuma dan nutrisnya terbuang.

10. Terjadinya radang tenggorokan

Saat meminum Air Es bisa memicu terjadinya radang tenggorokan dan bisa infeksi jika kondisi tubuh kurang stabil. Karena lender yang di dalam kerongkongan menutupi lapisan kerongkongan yang di picu oleh air Es.

Seperti yang sudah kita bahas alangkah baiknya selalu minum air hangat sebelum dan sesudah makan. Karena sangat baik untuk menjaga kesehatan Tubuh kita.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.